Makalah Sistem Informasi : PENGGUNAAN SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK USAHA KECIL DAN MENENGAH


Makalah Sistem Informasi - Penggunaan sistem informasi (SI) dan teknologi informasi (TI) oleh usaha kecil menengah (UKM) merupakan suatu hal yang menarik untuk diketahui. Sistem dan teknologi tersebut disebutkan sebagai penggerak pembangunan yang memegang peranan penting dalam pertumbuhan berkelanjutan suatu organisasi bisnis. Peningkatan investasi di bidang TI dan peran strategis yang dimainkan oleh SI membuat implementasi TI  sebagai suatu isu penting dalam disiplin Sistem Informasi Manajemen. TI mengubah cara melakukan bisnis karena menawarkan peluang sekaligus tantangan baru. Seluruh mata rantai pasokan (supply chain) diubah dengan menggunakan TI dengan  harapan bisa lebih kompetitif dalam melakukan bisnis. Mata rantai pasokan adalah jaringan yang memfasilitasi pengadaan material, pengubahan bahan mentah menjadi produk, dan pendistribusian produk akhir kepada pelanggan. Sedangkan manajemen matai rantai pasokan adalah koordinasi ketiga kegiatan tersebut (Laudon 2002:53).

Suatu sistem informasi dapat didefinisikan sebagai serangkain komponen yang saling berkaitan yang mengumpulkan (atau menemu-balik), mengolah, menyimpan, dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan, koordinasi, pengawasan, analisis, dan visualisasi di dalam suatu organisasi (Laudon 2002). SI adalah sistem komputer yang menyediakan informasi sesuai dengan permintaan pengguna.


TI adalah teknologi yang digunakan dalam pemerolehan, penyimpanan, pengolahan, dan pendistribusian informasi dengan cara elektronik (Collin 1987). Istilah TI didefinisikan dalam pengertian luas sebagai
“teknologi” untuk penyimpanan, pengolahan, dan komunikasi informasi (Ang, J. and S. Koh. 1997). Dalam pengertian ini TI adalah kombinasi perangkat keras, perangkat lunak, telekomunikasi, dan peralatan kantor yang mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna untuk mempercepat proses temu-balik. Dengan kata lain, TI merupakan perpaduan antara teknologi komputer dan teknologi komunikasi, juga dikenal dengan istilah information and communication technology (ICT). SI dibangun di atas suatu infrastruktur TI. Perkembangan TI membuat jangkauan SI tidak lagi terbatas hanya pada aktivitas utama suatu organisasi, tetapi menjangkau institusi yang berada jauh di luar organisasi.

Download Makalah Sistem Informasi : PENGGUNAAN SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI   UNTUK USAHA KECIL DAN MENENGAH selengkapnya.

DOWNLOAD

sumber



Related Posts:

0 Response to "Makalah Sistem Informasi : PENGGUNAAN SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK USAHA KECIL DAN MENENGAH"

Post a Comment

Silahkan untuk meninggalkan komentar anda dibawah ini. Di mohon untuk tidak berkomentar yang berbau promosi / iklan dan menyertakan link aktif. Terima kasih.